Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Kunjungan Pelosi ke Taiwan Dikecam, Gedung Putih Panggil Dubes China

China gelar latihan militer terbesar di Selat Taiwan usai Pelosi pergi dari Taiwan.

Red: Reiny Dwinanda
Rep: Adysha Citra Ramadani
Dokumentasi foto Ketua House of Representatives AS Nancy Pelosi. Menyusul kunjungan Pelosi ke Taiwan, China menunjukkan reaksi dengan melakukan latihan militer di sekitar perairan Taiwan.
AP/J Scott Applewhite Dokumentasi foto Ketua House of Representatives AS Nancy Pelosi. Menyusul kunjungan Pelosi ke Taiwan, China menunjukkan reaksi dengan melakukan latihan militer di sekitar perairan Taiwan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kecaman China atas kunjungan Ketua House of Representatives AS Nancy Pelosi ke Taiwan berbuntut pada dipanggilnya Duta Besar China Qin Gang ke Gedung Putih. Ada dua pesan yang disampaikan oleh pemerintah AS kepada Gang melalui pertemuan tersebut.

Salah satu pesan tersebut adalah, AS mengecam tindakan yang dilakukan China terhadap Taiwan. AS juga menyampaikan bahwa mereka tak ingin ada krisis di wilayah tersebut.

"Setelah aksi China semalam, kami memanggil Duta Besar Qin Gang ke Gedung Putih untuk memperingatinya soal tindakan provokatif (China)," jelas Juru Bicara Gedung Putih, John Kirby, seperti dilansir Reuters, Jumat (5/8/2022).

Scroll untuk membaca

Konflik ini bermula ketika Pelosi melakukan kunjungan ke Taiwan, pulau dengan pemerintahan sendiri yang dianggap Cjina sebagai bagian dari mereka. Mengetahui kunjungan ini, China menunjukkan reaksi dengan melakukan latihan militer di sekitar perairan Taiwan. Lima rudal yang ditembakkan dalam latihan militer tersebut jatuh ke zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Berita Lainnya

Berita Terkait

China akan Sanksi Nancy Pelosi karena Kunjungi Taiwan

asia - 05 August 2022, 17:40

Pelosi: China tidak Berhak Cegah Kunjungan Pejabat AS ke Taiwan

asia - 05 August 2022, 13:43

Pelosi: Kunjungan Kami tidak Mengubah Status Quo Taiwan

asia - 05 August 2022, 12:29

Militer China Luncurkan Rudal dalam Latihan di Selat Taiwan

asia - 04 August 2022, 19:50

Nancy Pelosi Sepakat Dukung Upaya Denuklirisasi Korut

asia - 04 August 2022, 17:02

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile