Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Pakar Diet Rekomendasikan Sayur Ini untuk Turunkan Kolesterol

Kolesterol baik untuk mengurangi kadar kolesterol.

Red: Reiny Dwinanda
Rep: Shelbi Asrianti
Wortel sebagai sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga untuk fungsi tubuh lainnya (Ilustrasi). Worter juga baik untuk menurunkan kolesterol.
Needpix Wortel sebagai sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga untuk fungsi tubuh lainnya (Ilustrasi). Worter juga baik untuk menurunkan kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar kesehatan merekomendasikan makan sayuran tertentu untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Menurut ahli diet Lisa Young, ada satu sayuran yang efektif dalam menjaga kadar kolesterol tetap optimal, yaitu wortel.

"Wortel adalah sumber serat larut yang baik, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Sayuran ini juga kaya beta karoten, antioksidan vitamin A yang dapat melindungi dari penyakit kronis seperti penyakit jantung," kata Young, dikutip dari laman Express, Jumat (20/5/2022).

Kolesterol adalah zat lemak yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk menjaga kapasitas fungsi kardiovaskular yang optimal. Namun, terlalu banyak kolesterol dalam jumlah tak seimbang dapat berujung pada kesehatan buruk.  

Scroll untuk membaca

Terdapat dua subtipe kolesterol, yakni HDL dan LDL. HDL biasa dikenal sebagai kolesterol "baik" karena membuat jantung tetap sehat. Sementara, LDL disebut sebagai kolesterol "jahat" lantaran terbentuk sebagai plak di arteri yang meningkatkan tekanan darah.

Menyantap wortel secara rutin diyakini menjaga agar kadar HDL lebih tinggi dibandingkan LDL. Menyeimbangkan kadar kolesterol sangat penting, sebagai upaya pencegahan penyakit jantung serta bentuk penyakit kardiovaskular lain.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Berita Lainnya

Berita Terkait

Hammertoes, Tanda Arteri Kaki Tersumbat Akibat Kolesterol Tinggi

info-sehat - 21 May 2022, 00:25

Ini yang akan Anda Rasakan Saat Arteri Mengeras karena Kolesterol Tinggi

info-sehat - 19 May 2022, 19:25

Salah Waktu Konsumsi Statin Justru Tingkatkan Kolesterol, Baiknya Malam atau Pagi?

info-sehat - 19 May 2022, 00:40

Kolesterol Tinggi Picu Perubahan pada Kuku Kaki, Bisa Jadi Pertanda Serius

info-sehat - 19 May 2022, 00:30

Gaya Hidup Sedenter Picu Munculnya Sindrom Metabolik, Bagaimana Cara Mengatasinya?

info-sehat - 18 May 2022, 18:26

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile