Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Perkuat Ekonomi Digital di Indonesia dengan Perluasan Jangkauan Internet

APJII terus bekerja memajukan infrastruktur internet di Indonesia.

Red: Hiru Muhammad
Rep: ronggo astungkoro
Warga mengunjungi stan pameran saat kegiatan Bali Digital Fest 2022 di kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu (9/4/2022). Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengembangkan ekonomi digital dan industri kreatif sebagai upaya percepatan transformasi digital di Bali.
Antara/Fikri Yusuf Warga mengunjungi stan pameran saat kegiatan Bali Digital Fest 2022 di kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu (9/4/2022). Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengembangkan ekonomi digital dan industri kreatif sebagai upaya percepatan transformasi digital di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan komitmennya dalam memperkuat ekonomi digital di Indonesia. Salah satunya lewat Indonesia Internet Exchange (IIX) yang memungkinkan jaringan internet lebih cepat sampai ke pelosok daerah.

"Semakin banyak masyarakat bisa mengakses internet cepat, semakin bagus untuk percepatan ekonomi digital," kata Ketua Umum APJII, Muhammad Arif, dalam keterangannya, Senin (16/5/2022).

Hal itu dia sampaikan berkaitan dengan peringatan ulang tahun ke-26 APJII pada 15 Mei 2022 lalu. Arif menyatakan, sejak terbentuk pada 1996 lalu, APJII terus bekerja memajukan infrastruktur internet di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan internet.

Scroll untuk membaca

Indonesia, menurut Arif, mempunyai potensi ekonomi digital yang sangat besar seiring dengan pertumbuhan pengguna internet dari tahun ke tahun. Kini jumlah pertumbuhan pengguna internet sudah lebih dari 200 juta orang.

Menurut Arif, hal tersebut harus didukung dengan internet yang berkualitas. Dengan begitu, masyarakat bisa memanfaatkan internet sebagai bisnis dan pada akhirnya meningkatkan perekonomian digital Indonesia. "Dengan begitu juga kita bisa bersaing secara global," kata Arif.

Dia juga mengungkapkan, masa depan perekonomian global ada di ranah digital. Maka, Arif menyatakan, Indonesia akan menjadi negara maju jika mampu menguatkan perekonomian digital."Kita sudah dipercaya secara global jadi pemimpin forum bisnis 20 (B20) di G20. Potensi untuk ekonomi digital kita semakin besar," jelas Arif.

APJII, menurut Arif, selalu siap bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai pihak untuk memperkuat ekonomi digital di Indonesia. APJII pun terus akan membuat program-program meningkatkan infrastruktur internet di negeri ini."26 tahun kami bekerja, itu belum selesai. Kami akan terus berusaha memasyarakatkan internet berkualitas di negeri ini," kata dia.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Berita Terkait

Migrasi TV Digital Dorong Anak Muda Produktif Manfaatkan Akses Internet

umum - 30 April 2022, 12:14

Airlangga: Peningkatan SDM Modal Utama Capai Pembangunan Nasional

keuangan - 27 April 2022, 05:26

Bambang Brodjonegoro: Investasi Infrastruktur Digital Masih Perlu

umum - 26 April 2022, 21:53

Kemenparekraf Kembali Buka Program Santri Digitalpreneur 2022

keuangan - 25 April 2022, 23:01

Erick Thohir Berharap Forum Y20 Rumuskan Ide Terbaik pada Empat Isu Ini

korporasi - 23 April 2022, 21:26

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile