Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Dalil Berikut Ini Tegaskan Islam Justru Dorong Muslim Harus Kaya dan Saleh

Islam tak melarang umatnya untuk menjadi kaya dan mempunyai harta melimpah

Red: Nashih Nashrullah
Rep: Umar Mukhtar
Ilustrasi Muslim memegang harta dan kekayaan. Islam tak melarang umatnya untuk menjadi kaya dan mempunyai harta melimpah
EPA-EFE/STRINGER Ilustrasi Muslim memegang harta dan kekayaan. Islam tak melarang umatnya untuk menjadi kaya dan mempunyai harta melimpah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Memiliki kekayaan adalah salah satu yang dituntut dalam syariat Islam. Kekayaan yang diusahakan seorang Muslim harus diraih dan diamalkan sesuai tuntunan yang diajarkan dalam Islam.

Terdapat banyak dalil yang memerintahkan agar seorang Muslim kaya secara harta dan tentunya disalurkan di jalan yang benar. Misalnya seperti dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 261-263. 

Salah satu ciri orang kaya yang sesuai syariat Islam, yaitu menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT dan tidak mengumbar kebaikannya serta tidak pula menyakiti para penerimanya. Allah SWT berfirman: 

Scroll untuk membaca

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ لَا يُتْبِعُونَ مَا أَنْفَقُوا مَنًّا وَلَا أَذًى ۙ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ  قَوْلٌ مَعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى ۗ وَاللَّهُ غَنِيٌّ حَلِيمٌ

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Mahamengetahui. Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Mahakaya, Mahapenyantun." (QS Al Baqarah ayat 261-263)

Berikutnya ialah surat An Nisa ayat 32. Seorang Muslim dilarang memiliki sifat hasad dan diminta untuk memohon diberikan karunia Allah SWT. 

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا ۖ وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ ۚ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

"Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Mahamengetahui segala sesuatu. (QS An Nisa ayat 32) 

Meski demikian, terdapat hasad yang dibolehkan, sebagaimana hadits Nabi SAW. 

لا حسَدَ إلَّا في اثنتَيْنِ : رجُلٍ آتاه اللهُ مالًا فسلَّطه على هلَكتِه في الحقِّ ورجُلٍ آتاه اللهُ حِكمةً فهو يقضي بها ويُعلِّمُها

"Jangan hasad (iri dengki), kecuali terhadap dua hal. Pertama orang yang dikaruniai harta oleh Allah SWT, lalu dia menggunakannya di jalan kebenaran, dan orang yang dikaruniai hikmah (ilmu) lalu dengannya dia memberi keputusan dan mengajarkannya." (HR Bukhari dari Abdullah bin Mas’ud)

Dalam riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW juga menyampaikan tentang betapa pentingnya kehadiran orang beriman yang kuat dan tidak lemah. Beliau SAW bersabda: 

المؤمنُ القويُّ خيرٌ وأحبُّ إلى اللهِ مِنَ المؤمنِ الضَّعيفِ وفي كلٍّ خيرٌ. احْرِصْ على ما يَنفعُكَ، واسْتَعنْ باللهِ ولا تَعجزْ. وإنَّ أصابك شيءٌ فلا تقلْ: لو أنِّي فعلتُ كان كذا وكذا، ولكن قُلْ: قدَرُ اللهِ وما شاءَ فَعَل، فإنَّ (لَوْ) تَفتحُ عملَ الشَّيطانِ

"Mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai Allah dibandingkan mukmin yang lemah. Pada keduanya terdapat kebaikan.

Bersemangatlah mengerjakan apa pun yang bermanfaat bagimu, mohonlah pertolongan Allah, dan jangan sampai lemah! Andai keinginanmu tak tercapai, jangan katakan, 'Andai saya lakukan ini dan itu maka pasti akan begini dan begitu.' Akan tetapi, katakanlah, ‘Qadarullahi wa ma sya’a fa’ala (ini adalah ketetapan Allah, segala sesuatu yang Dia kehendaki akan Dia lakukan).' Ucapan andai akan membuka jalan bagi setan." (HR Muslim)

Sahabat Nabi SAW yang termasuk jajaran orang kaya di masa awal Islam, 

عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ التَّقِيَّ، الْغَنِيَّ، الْخَفِيَّ

Dari Sa'ad bin Abi Waqqash RA, dia mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yang bertakwa, yang kaya dan tersembunyi (tidak dilihat oleh banyak orang)." (HR Muslim)

 

Sumber: islamway  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Berita Lainnya

Berita Terkait

Petaka Bagi Orang-Orang Zalim Pendusta Islam di Pengujung Ajal

mozaik - 12 May 2022, 19:23

Mengapa di Surga tak Ada Orang Tua? 

kajian-alquran - 12 May 2022, 18:47

Tradisi Halal Bihalal, Istilah dari Bahasa Arab yang Identik dengan Nusantara  

mozaik - 10 May 2022, 14:51

Menikah pada Syawal, Dianjurkan dalam Islam Tetapi Mengapa Dibenci Era Jahiliyah? 

mozaik - 10 May 2022, 10:56

Perjuangan Khadijah, Abu Bakar, dan Ali Bin Abi Thalib yang Diabadikan Sejarah

kisah - 10 May 2022, 06:42

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile