Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Jersey Maradona Pecahkan Rekor Memorabilia Olahraga Termahal Sepanjang Sejarah

Jersey 'tangan Tuhan' Maradona terjual dengan harga 129 miliar rupiah.

Red: Bayu Hermawan
Rep: Reja Irfa Widodo
Peristiwa yang membuat Diego Armando Maradona dijuluk Si Tangan Tuhan.
telegraph.co.uk Peristiwa yang membuat Diego Armando Maradona dijuluk Si Tangan Tuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jersey legenda timnas Argentina, Diego Armando Maradona, memecahkan rekor sebagai memorabilia sejarah termahal sepanjang sejarah. Tidak tanggung-tanggung, jersey yang pernah dikenakan Maradona itu terjual dengan banderol mencapai 7,1 juta poundsterling (129 miliar rupiah) dalam sebuah acara lelang. 

Nilai penjualan jersey Maradona ini menjadi memorabilia olahraga termahal sepanjang sejarah. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh dokumen awal rencana penyelenggara Olimpiade atau dikenal sebagai Manifesto Olimipade, lengkap dengan tanda tangan, yang terjual dengan banderol mencapai tujuh juta poundsterling pada 2019 silam. 

Secara khusus, jersey Maradona ini juga melampaui nilai penjualan jersey salah satu legenda baseball asal Amerika Serikat, Babe Ruth, yang dijual dengan banderol mencapai 4,4 juta poundsterling pada 2019 silam. Jersey Maradona ini memegang rekor jersey yang pernah digunakan dalam pertandingan olahraga dengan banderol termahal sejagat. 

Scroll untuk membaca

"Jersey bersejarah ini tidak hanya mengingatkan salah satu momen penting pada sejarah olahraga, tapi juga salah satu momen penting pada abad ke-20. Bisa dibilang, jersey ini menjadi jersey sepak bola yang paling banyak dicari. Jadi, tidak mengherankan apabila jersey ini memecahkan rekor termahal di jenisnya," kata kepala barang koleksi modern dan <i>streetwear</i> rumah lelang Sotheby's seperti dilansir <i>BBC</i>, Kamis (5/5/2022). 

Jersey tandang Argentina berwarna biru ini memang memiliki nilai sejarah yang begitu besar. Jersey ini menjadi saksi bisu salah satu momen kontroversial dan terbesar yang pernah dilakukan Maradona. Dengan jersey inilah Maradona mencetak gol ''tangan Tuhan'' ke gawang Inggris di babak perempat final Piala Dunia 1986, tepatnya di Stadion Azteca, Meksiko City. 

Tidak hanya itu, dengan mengenakan jersey ini pula, Maradona mencetak gol terbaik abad ke-20, saat melewati lebih dari lima pemain Inggris, termasuk penjaga gawang Peter Shilton. Dengan dua gol legenda Napoli itu, Argentina berhasil menyingkirkan Inggris, 2-1, hingga akhirnya menjuarai Piala Dunia 1986. 

Selama ini, jersey keluaran perusahaan apparel olahraga asal Prancis, Le Coq Sportif, itu dimiliki oleh mantan gelandang timnas Inggris, Steve Hodge. Mantan gelandang Nottingham Forest itu mendapatkan jersey Maradona itu saat bertukar jersey dengan sang legenda di lorong ruang ganti pemain pasca laga tersebut. Dalam 20 tahun terakhir, Hodge merelakan jersey Maradona miliknya itu dipamerkan di musem sepak bola nasional di kota Manchester. Kini, meski sempat bersikeras untuk tidak menjualnya, Hodge akhirnya memutuskan untuk melepasnya setelah 36 tahun memiliki jersey tersebut. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Berita Lainnya

Berita Terkait

Resmi, Pengadilan Argentina Nyatakan Kematian Maradona Masuk Kategori Pembunuhan

freekick - 15 April 2022, 09:12

Video Viral Sepak Bola: Gol 'Tangan Tuhan' Maradona

sepak-pojok - 19 January 2022, 20:56

Adik Diego Maradona Berpulang Selang Setahun dari Kakaknya

freekick - 29 December 2021, 07:07

Xavi Minta Barcelona Bisa Tampil Maksimal di Maradona Cup

liga-dunia - 14 December 2021, 19:11

Mimpi Koulibaly Dedikasikan Gelar untuk Napoli dan Maradona

liga-italia - 26 November 2021, 04:04

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile