Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Timnas U-23 Indonesia Bersiap Hadapi Tuan Rumah Vietnam

Vietnam merupakan salah satu lawan terberat Indonesia di SEA Games 2021.

Red: Endro Yuwanto
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong menendang bola saat memimpin latihan.
ANTARA/Fikri Yusuf Pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong menendang bola saat memimpin latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas U-23 Indonesia langsung menggelar latihan setelah tiba di Hanoi, Vietnam, pada Selasa (3/5/2022). Sesi latihan perdana digelar pada malam hari waktu setempat.

Dalam unggahan di akun Instagram resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), para pemain tampak menggelar latihan fisik.

Skuad Garuda Muda akan melakoni laga perdana pada SEA Games 2021 melawan tuan rumah Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/4/2022). Mengingat persaingan di Piala AFF tahun lalu, Vietnam merupakan salah satu lawan terberat Indonesia. Sebab itu wajar jika pelatih timnas U-23 Shin Tae-yong tidak menyia-nyiakan waktu.

Scroll untuk membaca

"Garuda Muda gelar latihan perdana setibanya di Vietnam," tulis PSSI dikutip dari Instagram, Rabu (4/5/2022).

Pada edisi sebelumnya, yakni SEA Games 2019 di Filipina, Vietnam berhasil meraih gelar juara, sementara Indonesia keluar sebagai runner-up. Sebab itu laga perdana antara kedua tim di fase grup ini akan sangat menarik. Vietnam sebagai penyandang gelar juara sekaligus tuan rumah akan melayani penantang, yaitu Indonesia yang ditargetkan juara.

Ambisi Indonesia untuk meraih medali emas tentu bukan hanya bualan belaka. Tim asuhan Shin Tae-yong punya bekal yang cukup baik karena telah menggelar pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan selama tiga pekan.

Selain itu, Garuda Muda juga akan diperkuat oleh sejumlah pemain yang merumput di luar negeri.Pemain yang sudah dipastikan akan membela Garuda Muda antara lain Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam, dan Elkan Baggott.

Kepastian bergabungnya nama-nama di atas tentu sangat menggembirakan bagi Indonesia karena para pemain itu diharapkan bisa membawa kualitas yang jauh lebih baik dengan pengalaman merumput di luar negeri.

PSSI dan tim pelatih sempat mengalami kesulitan untuk meminta para pemain itu kembali ke tanah air karena SEA Games merupakan ajang multievent yang tidak masuk dalam kalender FIFA. Beruntung setelah proses yang panjang akhirnya para penggawa muda Indonesia itu tersedia untuk SEA Games 2021 di Vietnam.

Salah satunya, pelatih Ansan Greeners Jo Min-guk menjelaskan latar belakang akhirnya memperbolehkan Asnawi dipanggil timnas Indonesia.

"Itu laga penting, jadi kami mengizinkannya untuk dipanggil," kata Jo Min-guk dikutip dari besteleven.com, Rabu (4/5/2022). "Tak mudah untuk melepaskannya karena keadaan tim, tetapi ada banyak penggemar yang ingin dia bermain di tim nasional, jadi saya membuat keputusan sulit. Saya khawatir dengan kondisi fisik seperti apa yang akan dia alami setelah pergi ke tim nasional."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Berita Terkait

Fan Vietnam Antre Tiket Laga Sepak Bola SEA Games Vietnam vs Indonesia

liga-indonesia - 04 May 2022, 08:10

Emilia Nova Fokus Tingkatkan Kecepatan Jelang SEA Games 2021 Vietnam

arena-olahraga - 02 May 2022, 15:02

Persipura Minta Penjelasan PSSI Terkait Pengobatan Ramai Rumakiek

liga-indonesia - 02 May 2022, 14:52

Pelatih Indonesia Evaluasi Performa Ganda Campuran di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022

arena-olahraga - 02 May 2022, 14:27

Kakang Legawa tak Masuk Skuad Timnas ke SEA Games Vietnam 2021

liga-indonesia - 02 May 2022, 14:13

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile