Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Arnaut Danjuma, Bintang Lapangan yang Selalu Ingat Allah

Keberadaan Danjuma membawa dampak positif terhadap lini serang Villarreal.

Red: Endro Yuwanto
Rep: Rahmat Fajar
Pesepak bola Muslim yang membela klub Spanyol Villarreal, Arnaut Danjuma.
AP/Alberto Saiz Pesepak bola Muslim yang membela klub Spanyol Villarreal, Arnaut Danjuma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arnaut Danjuma datang ke Villarreal pada Agustus 2021 dari Bournemouth. Keberadaannya langsung membawa dampak positif signifikan terhadap lini serang tim Kapal Selam. Ia selalu menjadi andalan Unai Emery di lini serang.

Bintang Muslim berkebangsaan Belanda ini telah mencetak 16 gol dan empat assist dalam 33 pertandingan bersama Villarreal, dengan rincian 10 gol ia cetak di La Liga Spanyol dan enam gol di Liga Champions. Salah satu gol pentingnya yakni ketika mengalahkan Bayern Muenchen 1-0 di leg pertama perempat final di Stadion El Madrigal.

Gol satu-satunya di laga itu harus diakui berperan besar dalam lolosnya Villarreal ke semifinal karena berkat kemenangan tersebut pasukan Unai Emery lolos dengan agregat 2-1 setelah bermain imbang 1-1 di leg kedua. Kini ia memimpin lini depan Villarreal di semifinal Liga Champions melawan Liverpool, meski akhirnya timnya kalah 0-2 di leg pertama, Kamis (28/4) dini hari WIB.

Scroll untuk membaca

Riwayat perjalanan karier Danjuma dimulai ketika bergabung dengan tim muda PSV Eindhoven dari Top Oss pada 2008. Danjuma melakoni debut profesionalnya bersama PSV muda pada 7 Desember 2015 melawan NOC. Ia bermain selama 65 menit dan digantikan oleh Moussa Sanoh.

Petualangannya ke sejumlah klub dimulai ketika pindah ke NEC Nijmegen pada Juli 2016 sebagai pemain agen bebas. Di klub ini, ia bertahan selama dua tahun karena setelah itu ia hijrah ke Belgia memperkuat Club Brugge pada Juli 2018.

Di klub ini, nama Danjuma mulai disorot klub-klub Eropa setelah mempersembahkan satu gelar Liga Belgia dan Piala Super Belgia. Hanya bertahan satu tahun di sana, ia dipinang klub Inggris Bournemouth pada Agustus 2019.

Di Inggris permainannya sebagai penyerang semakin meningkat. Ia mencetak 17 gol dan delapan assist dalam 52 penampilan di semua kompetisi. Melihat catatan statistik itu, Villarreal kepincut merekrutnya pada Agustus 2021.

Danjuma lahir di Lagos, Nigeria, pada 31 Januari 1997 dari seorang Ayah asal Belanda sedangkan ibunya orang Nigeria. Ia kemudian lebih memilih menjadi warga negara Belanda. Iaa memiliki satu saudara laki-laki dan perempuan bernama Reiner dan Lisette.

Danjuma dipanggil ke timnas Belanda untuk pertama kalinya oleh Ronald Koeman pada Oktober 2018. Ia mencatatkan laga debut internasionalnya pada 13 Oktober melawan Jerman di UEFA Nations League yang dimenangkan Belanda dengan skor 3-0. Ia masuk sebagai pemain pengganti di laga tersebut.

Tiga hari kemudian, Danjuma mencetak gol internasioal pertamanya saat Belanda bermain imbang 1-1 melawan Belgia. Pada 11 Oktober 2021 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di kandang Gibraltar, ia masuk dari bangku cadangan dan mencetak gol dalam kemenangan 6-0 Belanda.

Melihat dari postingan-postingannya di Instagram pribadinya, Danjuma tampak sosok bintang muda yang agamis. Ia selalu menyebut peran Allah usai melakoni setiap pertandingan penting. Ia juga beberapa kali memposting ayat Alquran di Instagramnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Berita Terkait

Cetak Hattrick Beruntun, Predikat Wak Haji untuk Karim Benzema Viral

freekick - 07 April 2022, 15:55

Pemain Villarreal Ini Diproyeksi Jadi Calon Penerus Mane di Liverpool

liga-inggris - 07 April 2022, 13:21

Bayern Muenchen Terjungkal di Kandang Villarreal

liga-dunia - 07 April 2022, 05:12

Bilang Islam Indah, Patrice Evra Dimarahi Ayahnya

kartu-merah - 21 March 2022, 04:44

Benarkah Senderos Memeluk Agama Islam?

kartu-merah - 19 March 2022, 04:40

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile