Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Tiket Masuk Objek Wisata Pangandaran Naik Jelang Libur Lebaran

Tiket masuk objek wisata Pangandaran mulai naik pada 1 Mei 2022.

Red: Nora Azizah
Wisatawan berenang di bendungan matras Hau Eco Lodges Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Antara/Adeng Bustami Wisatawan berenang di bendungan matras Hau Eco Lodges Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menaikkan tarif tiket masuk ke objek wisata di Pangandaran mulai 1 Mei 2022 atau menjelang momentum libur Hari Raya Lebaran setelah beberapa tahun tidak pernah menaikkan tarif. "Dengan kenaikan ini, kami juga akan berusaha meningkatkan pelayanan, itu kan sebab akibat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari saat dihubungi wartawan, Jumat (29/4/2022).

Ia menuturkan, selama beberapa tahun ke belakang objek wisata di Kabupaten Pangandaran belum pernah dilakukan penyesuaian tarif, padahal harusnya dalam setiap tiga tahun ada peninjauan untuk penyesuaian tarif tiket wisata. Berdasarkan kajian Badan Pusat Statistik, kata dia, tarif tiket objek wisata di Kabupaten Pangandaran sudah seharusnya menyesuaikan dengan perkembangan saat ini untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata.

"Kalau berdasarkan kajian dari BPS, kondisi saat ini sudah memungkinkan tarif menyesuaikan, kalau retribusi meningkat kan ujungnya untuk pengelolaan pariwisata," katanya.

Scroll untuk membaca

Ia mengungkapkan, kenaikan tarif tiket masuk ke tempat wisata milik Pemkab Pangandaran itu berbeda-beda mulai dari 30 sampai 80 persen. Menurut dia, kenaikan tarif itu masih cukup terjangkau oleh masyarakat yang ingin berwisata menikmati keindahan wisata di Kabupaten Pangandaran.

"Kenaikan di setiap destinasi bervariasi, berkisar 30 hingga 80 persen, ini masih terjangkau dibanding di daerah lain, kami masih murah," katanya.

Ia menyampaikan, kenaikan tarif itu sudah disosialisasikan, tarif tiket masuk objek wisata yang dilakukan penyesuaian yakni Pantai Pangandaran, Pantai Karapyak, Pantai Batukaras, Pantai Batu Hiu, dan wisata alam Green Canyon. Pantai Pangandaran, Pantai Karapyak, dan Pantai Batukaras tiket masuknya menjadi Rp10 ribu per orang, kemudian kendaraan sepeda motor dikenakan tiket Rp20 ribu, mobil kecil Rp60 ribu, minibus kecil Rp95 ribu, minibus besar Rp135 ribu, bus kecil Rp205 ribu, bus sedang Rp295 ribu, dan bus besar Rp515 ribu.

Sedangkan Pantai Batu Hiu dikenakan tarif Rp9 ribu per orang, kemudian sepeda motor Rp15 ribu, mobil kecil Rp50 ribu, minibus kecil Rp75 ribu, minibus besar Rp110 ribu, bus kecil Rp170 ribu, bus sedang Rp245 ribu, dan bus besar Rp420 ribu. Sedangkan wisata alam Green Canyon tarif masuk menjadi Rp10 ribu per orang belum termasuk sewa perahu untuk perjalanan menyusuri sungai.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Berita Terkait

Libur Lebaran, Tarif Tiket Objek Wisata di Pangandaran Naik

keuangan - 29 April 2022, 17:46

Kunjungan Wisatawan di Pangandaran Bergeliat, Naik 10 Persen di Akhir Pekan

jawa-barat - 29 March 2022, 17:29

Objek Wisata Pangandaran Dibuka 100 Persen

jawa-barat - 23 March 2022, 17:42

Ridwan Kamil Resmikan Jembatan Merah Pangandaran

priangan-timur - 20 February 2022, 17:57

Aktivitas Pariwisata di Pangandaran Kembali Diperketat

jawa-barat - 02 February 2022, 18:17

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile