Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Ahli Gizi Bongkar Lima Cara Mudah Turunkan Kolesterol

Ada lima kebiasaan yang mudah diterapkan untuk turunkan kadar kolesterol.

Red: Nora Azizah
Rep: Adysha Citra Ramadani
Burger menjadi salah satu makanan yang tinggi kolesterol.
www.maxpixel.com Burger menjadi salah satu makanan yang tinggi kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar kolesterol tinggi yang tak terkendali bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan seperti serangan jantung atau strok. Beberapa perubahan dalam pola makan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

"Fokus dalam mengadopsi pola makan yang lebih berkualitas, sehingga seiring berjalannya waktu, itu menjadi bagian dari cara Anda menjalani kehidupan," jelas ahli gizi Laura Burak MS RD, seperti dilansir EatThis.

Setidaknya ada lima kebiasaan pola makan yang dianjurkan Burak untuk menurunkan kadar kolesterol. Berikut ini adalah kelima kebiasaan tersebut, seperti dilansir EatThis, Senin (4/4/2022).

Scroll untuk membaca

 

Konsumsi Makanan Utuh

Whole food atau makanan utuh merupakan makanan yang tidak terlalu banyak mengalami proses pengolahan. Konsumsi makanan utuh dalam keseharian tak hanya dapat membantu memperbaiki kadar kolesterol, tetapi juga kesehatan secara umum. Beberapaa contoh makanan utuh adalah sayur, buah, sumber lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, hingga ikan berlemak seperti salmon.

"(Makanan-makanan tersebut) diketahui dapat membantu memperbaiki lipid darah," jelas Burak.

 

Menambahkan Oat

Oat dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan usus hingga memperbaiki resistensi insulin. Manfaat kesehatan lain yang dimiliki oat adalah membantu menurunkan kadar kolesterol.

"Oat mengandung serat bernama beta glucan, yang secara esensial membantu mengeluarkan kolesterol dari tubuh," ujar jelas ahli gizi Lauren Manaker MS RDN.

 

Menghindari Makanan Proses dan Gula Tambahan

Selain meningkatkan konsumsi makanan utuh, Burak juga menganjurkan untuk membatasi makanan proses dan gula tambahan. Burak mengatakan, banyaknya konsumsi gula tambahan merupakan kontributor utama yang memicu terjadinya kadar kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

"Sangat penting bagi Anda untuk membatasi asupan makanan olahan dan gula tambahan seperti permen dan kue," ujar Burak.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tanda Peringatan Dini Kolesterol Tinggi pada Tangan dan Kaki

info-sehat - 29 March 2022, 23:18

Timbunan Lemak di Sekitar Mata Dapat Jadi Pertanda Kadar Gula Darah tidak Terkontrol

info-sehat - 28 March 2022, 05:30

Nyeri Lengan-Rahang Kejang: Gejala Kolesterol Sangat Tinggi

info-sehat - 28 March 2022, 05:15

Kebiasaan yang Diam-Diam Dapat Meningkatkan Kolesterol

info-sehat - 22 March 2022, 21:54

Tanda Kolesterol Tinggi: Pehatikan Perubahan Aneh di Kuku Kaki

info-sehat - 22 March 2022, 16:49

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile