Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Tanda Peringatan Dini Kolesterol Tinggi pada Tangan dan Kaki

Ada tanda-tanda potensial di tangan dan kaki sebagai peringatan kolesterol tinggi.

Red: Qommarria Rostanti
Rep: Desy Susilawati
Tanda-tanda kolesterol tinggi bisa dirasakan di tangan dan kaki (ilustrasi).
www.freepik.com. Tanda-tanda kolesterol tinggi bisa dirasakan di tangan dan kaki (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian yang dilakukan oleh Irish Heart Foundation menyebutkan lebih dari seperempat orang dewasa di Irlandia berusia 50 tahun ke atas menderita tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Ini adalah dua faktor risiko utama untuk serangan jantung atau strok.

Banyak orang dirawat karena kadar kolesterol mereka, tapi kemungkinan ada ribuan orang lain yang tetap tidak terdiagnosis. Bagi banyak orang, kondisi ini tidak disadari dan hanya dapat dideteksi dengan tes darah yang secara khusus melihat level Anda. Namun, ada tanda-tanda potensial di tangan dan kaki Anda yang bertindak sebagai peringatan dini.

Kolesterol tinggi disebabkan oleh penumpukan zat lemak dalam darah Anda, yang pada waktunya dapat menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan. Oleh karena itu, tanda pertama yang harus diwaspadai adalah rasa sakit yang berkelanjutan di tangan dan kaki.

Scroll untuk membaca

Dilansir di laman Irish Mirror, Selasa (29/3/2022), tanda peringatan dini lainnya adalah sensasi kesemutan terus menerus yang dirasakan di daerah tubuh ini. Ini bisa menunjukkan tingkat Anda sangat tinggi. Benjolan kecil, kuning, berwarna daging atau merah yang lunak juga bisa menunjukkan kadar kolesterol tinggi. 

American Academy of Dermatology Association mengatakan benjolan ini bisa muncul di siku, sendi, tendon, lutut, tangan atau kaki. Benjolan ini terkadang sangat kecil, sementara yang lain berdiameter lebih dari tiga inci. Mereka biasanya disebabkan oleh endapan dari kolesterol tinggi. Namun mereka juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan serius lainnya seperti pankreatitis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Engineering and Informatics, melihat bagaimana lipatan yang tidak biasa ditemukan di tangan bisa menjadi indikasi kadar kolesterol tinggi.

NR Shanker dari Sree Sastha Institute of Engineering and Technology dan rekan mengatakan mereka telah mengembangkan cara non-invasif untuk menguji tingkat pada pasien dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Mereka membuat database besar kadar kolesterol yang direkam menggunakan tes darah standar dan ditautkan ke foto standar tangan untuk setiap pasien.

Alasan untuk ini adalah kolesterol terkonsentrasi di lipatan jari seseorang. Sehingga timbunan lemak kolesterol yang disebut xanthomas dapat muncul di sana dan dapat berkisar dari ukuran yang sangat kecil hingga tiga inci.

Meskipun tes darah adalah cara yang dapat diandalkan untuk menentukan kadar kolesterol, para peneliti India telah membuktikan adanya kadar kolesterol total yang berbeda juga dapat diungkapkan melalui analisis citra kulit.

Banyak orang tidak akan mengalami salah satu dari tanda-tanda peringatan ini, tapi masih berisiko terkena kolesterol tinggi. Anda harus menghubungi dokter umum Anda untuk menjadwalkan tes darah jika Anda ragu dengan kesehatan Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Berita Terkait

Timbunan Lemak di Sekitar Mata Dapat Jadi Pertanda Kadar Gula Darah tidak Terkontrol

info-sehat - 28 March 2022, 05:30

Nyeri Lengan-Rahang Kejang: Gejala Kolesterol Sangat Tinggi

info-sehat - 28 March 2022, 05:15

Kebiasaan yang Diam-Diam Dapat Meningkatkan Kolesterol

info-sehat - 22 March 2022, 21:54

Tanda Kolesterol Tinggi: Pehatikan Perubahan Aneh di Kuku Kaki

info-sehat - 22 March 2022, 16:49

Diminum Tiap Hari, Jus Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Kolesterol Tinggi

info-sehat - 22 March 2022, 06:39

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile