Clock Magic Wand Quran Compass Menu

UMP Fasilitasi Sertifikasi Halal UMKM

UMP siap berkomitmen dan mendukung penuh pelaku UMKM mendapatkan sertifikat halal.

Red: Fuji Pratiwi
Rep: Idealisa Masyrafina
Logo halal (ilustrasi). UMP fasilitasi sertifikasi halal UMKM.
Republika/ Yasin Habibi Logo halal (ilustrasi). UMP fasilitasi sertifikasi halal UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sentra Halal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar pelatihan penyusunan sistem jaminan halal dan penyedia halal. Pelatihan ini diberikan untuk para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Banyumas, Jawa Tengah.

Acara pada Kamis (16/12) ini menghadirkan Rektor UMP Dr Jebul Suroso, Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi dan Sumber Daya Manusia

Dr Anwar Ma'ruf MT, Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Banyumas (ASPIKMAS).

Scroll untuk membaca

Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, bahwa UMP siap berkomitmen dan mendukung penuh pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi halal. "UMP Insya Allah berkomitmen untuk mendukung penuh terkait dengan penyelenggaraan halal senter pendampingan edukasi dan juga mudah mudahan di proses sertifikasi halal khususnya bagi teman-teman pengelola UMKM yang ada di Wilayah Banyumas dan sekitarnya," kata Jebul dalam rilis yang diterima Republika, Ahad (19/12).

Jebul mengatakan, UMP akan menjadi rumah UMKM oleh karena itu komitmen UMP adalah menyiapkan para pengusaha UMKM dan produknya untuk tersertifikasi halal. "Setidaknya kita semua paham bahwa halal itu penting dan kita perlu menyediakan yang halal bagi masyarakat,” ujarnya.

Ketua Sentra Halal UMP Dr apt Diniatik berharap kegiatan ini dapat mengedukasi dan mendampingi pelaku usaha UMKM untuk pengajuan sertifikasi halal. Saat ini pelatihan penyedia halal dan penyusunan sistem jaminan produk halal sedang proses di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) karena isu sertifikasi halal yang sudah bergulir selama beberapa tahun terakhir.

"Salah satu syarat pengajuan sertifikasi halal adalah sudah ada penyedia halalnya. Sangat penting karena akan melakukan sistem jaminan halal secara internal berjalan dengan baik," jelas Diniatik.

Menurutnya, kuncinya ada di penyedia produk halal. Pelatihan ini diikuti oleh UMKM sebagai pelaku usaha, beberapa internal dari UMP yang akan menambah barisan di sentra halal terutama untuk penyedia halal, sehingga nanti bisa mengedukasi dan mendampingi UMKM untuk pengajuan sertifikasi halal.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha industri Kecil Menengah Banyumas (ASPIKMAS) Pujianto berterimakasih kepada UMP atas dukungan dan fasilitas terhadap pelaku UMKM.

"Kami ucapkan terimakasih ke halal center. Memang salah satu kebutuhan UMKM adalah pendampingan legalisasi usaha, salah satunya pendampingan halal," kata Pujianto.

Menurutnya teman-teman UMKM sudah difasilitasi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Ia berharap sampai benar-benar ada sertifikasi halal .

"Ke depannya karena memang masih banyak sekali teman-teman UMKM yang belum mendapatkan lebel halal, baru tahap PIRT. semoga ini menjadi momentum awal lebih besar lagi, untuk lebih banyak lagi, kuota forum anggota pelatihan seperti ini," ujar Pujianto.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Berita Terkait

Legislator Desak Pemerintah Gunakan Vaksin Halal

pojok-halal - 18 December 2021, 06:39

Lantik Pengurus DPD, Airlangga Berharap Golkar Menang di Bali

politik - 17 December 2021, 10:28

Dorong UMKM Go Digital, Damping Indonesia Luncurkan Portal UMKM

korporasi - 16 December 2021, 15:41

Dukung UMKM, Bandara Ahmad Yani Kembali Salurkan Rp 375 Juta

jateng-jatim - 16 December 2021, 11:25

BPJPH Gratiskan Biaya Sertifikasi untuk UMK dengan Pernyataan Halal 

khazanah - indonesia - 16 December 2021, 08:57

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>
hide ads show ads
desktop mobile